oleh

Frans Sales: Jakarta Ibu Kota Negara Indonesia Lumpuh

-Nasional-629 views

Kupang, Wartapedia.id – Ibu Kota Negara Republik Indonesia Lumpuh , akibat dilanda banjir. Karena hujan lebat yang terjadi beberapa hari lalu di wilayah DKI Jakarta dan hampir di seluruh wilayah Nusantara Indonesia.

Kondisi yang terjadi harus disadari adalah fenomena alam tahunan yang terjadi karena siklus musiman. Indonesia berada di garis khatulistiwa dengan memiliki dua musim yaitu musim panas/ kering dan musim hujan/basah.

Musim panas atau kering waktunya lebih panjang jika dibandingkan musim hujan. Musim panas -+ 8-9 bulan. Terjadi sekitar bulan Maret s.d. bulan November. Sedangkan musim hujan atau basa terjadi di sekitar bulan Desember s.d Pebruari.

Faktor – Faktor penyebab terjadinya banjir diwilayah DKI Jakarta dan di sebagian Wilayah Indonesia. Kondisi ini terjadi akibat ada sejumlah hal salah satunya seperti perluasan area dengan melakukan penebangan hutan yang berskala besar dan kurang memperhatikan peremajaan dengan penanaman kembali pohon-pohon remaja,

Demografi, akibat ledakan jumlah penduduk yang tidak mampu dihadang oleh govermance, lemahnya Kebijakan publik, juga lemahnya kemitraan karena kurang komunikasi, koordinasi, sinkronisasi sehingga tidak sinergi dalam penangan atau pencegahan banjir hampir terjadi disetiap musim.

Kondisi tersebut diatas yang berdampak buruk terjadi terjadinya banjir di DKI Jakarta . Hampir di seluruh wilayah Jakarta atau Sejabotabek lumpuh total dalam waktu beberapa hari ini.

Aktivitas publik lumpuh total , sehingga akitivas pemerintah, swasta, sekolah-sekolah, Perguruan Tinggi, NGO dan aktivitas masyarakat lainya tidak berjalan. Kondisi ini juga berdampak pada perputaran roda perekonomian Indonesia yang mengalami flutuasi yang tajam dalam kurs perdagangan Indonesia, Regional dan Internasional.

Selanjutnya ada upaya-upaya yang harus segera dilakukan dengan pola kolaborasi dengan stakeholders seperti pemerintah, masyarakat, swasta/ dunia usaha dan NGO untuk terlibat bersama dalam mengatasai kondisi yang terjadi saat ini.

Jangan kita membuang energi dengan bernarasi dan berpolemik yang berkepanjangan. Mari, Mengajak sebagai warga DKI harus ada rasa memiliki, rasa bagian dan terlibat aktif dalam bersama- sama mengatasi permasalahan banjir di DKI saat ini.

Karena DKI adalah Ibu Kota Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi cerminan dan Indicator dan barometer penilian oleh dunia internasional.
Salam sahabat… Indonesia Maju.

By. Dr. Frans Sales, S.Pd, MM

Komentar

News Feed