oleh

Jembatan Wairhek Terancam Ambruk, Masyarakat Desa Nagahale Resah

-wartaNews-680 views

Maumere, Wartapedia.id – Masyarakat Desa Nagahale kecamatan Talibura akhir-akhir ini di buat resah dengan kondisi jembatan Wairhek yang sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan pengendara maupun Warga Desa yang melintasi jembatan ini.

Pasalnya jembatan penghubunung ruas jalan trans Maumere – Larantuka ini sebelumnya sudah sempat jebol.
Dari pantauan Wartapedia, kondisi terkini bagian yang jebol tampak hanya ditambal menggunakan plat besi.

Servasius Didimus Endi, Warga Desa Nagahale, kepada Wartapedia, Senin (13/01/2010) sore lalu menyampaikan, kondisi jembatan Wairhek kini sangat mengancam, ini akibat aktivitas kendaraan berat dari proyek bendungan Napun Gete Waiblama.

Pasca jebolnya jembatan Wairhek, sudah pernah disiasati dengan pembukaan jalur alternatif khusus kendaraan proyek dengan beban muatan diatas 8 ton, tapi tak jarang juga ada supir yang membandel dan tetap melalui jembatan ini dengan muatan material penuh, Ujarnya.

Kondisi ini semakin di perparah pasca hujan lebat beberapa waktu lalu yang menyebabkan jalur alternatif kembali putus diterjang banjir, sehingga satu-satunya jalan yang dapat dilalui baik kendaraan proyek maupun kendaraan biasa hanya melalui jembatan ini. Hal ini bila tak segera disiasati, maka besar kemungkinan akan memakan korban jiwa.

Hal senada juga disampaikan Sahanudin, Kepala Desa Nagahale yang baru dilantik itu. Ketika di konformasi Wartapedia, Beliau membenarkan bahwa kondisi jalan saat ini sangat memprihatinkan dan butuh perhatian secepatnya dari Pemerintah.

“Kalau dilihat dari fisik dan usianya, memang sudah selayaknya jembatan ini di perbaiki, salah satu penyebabnya adalah aktivitas kendaraan berat muat material ke bendungan Waiblama. Sementara jalan alternatif yang dibuat sudah putus di terjang banjir minggu lalu, dan belum ada perbaikan hingga saat ini, sehingga harapan Saya kedepannya ada perhatian dari Pemerintah Kabupaten maupun Provinsi untuk di tindak lanjuti dengan pembangunan jembatan yang baru.

Reporter: Kriss Dami

Komentar

News Feed