oleh

Anggota DPRD Fraksi PSI Menuntut Kompetensi dan Skill Kepemimpinan Calon Wakil Bupati Ende

Ende, Wartapedia.id – Dalam rangka mengisi kekosongan Jabatan Wakil Bupati Ende, kini pemerintahan daerah tersebut lagi sedang berproses menghadirkan seorang Wakil untuk mendampingi Bupati Ende. Sesuai dengan undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang pemilihan Kepala Daerah, untuk mengisi jabatan pasangan kepala daerah entah gubernur atau wakilnya, bupati atau wakilnya, walikota atau wakilnya akan melalui proses dan mekanisme penggantian oleh DPRD.

Secara prosedural pergantian gubernur atau wakilnya melalui rapat paripurna di DPRD tungkat provinsi. Bupati atau wakilya dan Walikota atau Wakilnya melalui rapat paripurna tingkat DPRD II.

Sebelum rapat akbar paripurna penentuan tentu tahap rekruitmen calon sudah dilewati. Hal demikian akan terjadi di Kabupaten Ende untuk jabatan Wakil Bupati.

Anggota DPRD Ende,  Emanuel Minggu terhadap proses yang akan terlaksana di Ende, ketika dimintai pendapatnya oleh  media wartapedia.id pada Kamis, (12/03/2020) melalui whastapp pribadinya menginginkan agar calon wakil bupati harus diproses dengan tes kemampuan kompetensi dan skills kepemimpinan.

“Sebagai anggota Dewan saya menghendaki proses pergantian wakil bupati harus melalui tes terbuka.” Tuturnya.

Emanuel Minggu dari Fraksi PSI itu juga mengharapkan bila semangat yang dikehendaki bisa dilakukan, masyarakat tentu mendorong tingkat rasa memiliki dan kepercayaan akan calon wakil yang akan mendampingi bupati ende kedepan.

” Saya menghendaki proses demikian, supaya kemampuan dan kompetensi pemimpin seorang calon wakil bisa dilihat publik. Karena itu perlu dibuat tes dalam forum terbuka untuk beberapa calon dengan metode berupa debat kandidat. Proses ini transparan akan dilihat calon mana yang layak dan bisa ditetapkan menjadi wakil bupati Ende nanti,” ucap anggota dewan tersebut. (ML)

 

Komentar

News Feed