oleh

Inovasi Radikal Presiden Ir. Joko Widodo

-wartaNews-608 views

Wartapedia. KUPANG -Presiden Republik Indonesia Ir. Jokowidodo dan Wakil Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin melakukan inovasi kebijakan yang radikal , yakni perampingan organisasi birokrasi dengan melakukan perampingan struktur organisasi birokrasi pemerintah diantaranya penghapusan esalon III dan IV dari kementerian pusat dan organisasi perangkat daerah di provinsi, kota dan kabupaten di Seluruh Indonesia.

Maksud dari Inovasi kebijakan radikal yang dibuat oleh Ir. Jokowido dan Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin merupakan breaktrugh atau terobosan luar biasa dari beberapa Presiden Republik Indonesia sebelumnya.

Ini merupakan suatu langka berani yang di tampilkan oleh kepemimpinan Presiden dan Wakil Presiden. Langka berani yang ditampilkan ini, mempunyai tujuan Mulia yaitu untuk memberikan pelayanan publik yang ramah, cepat, efektif, efesien, berkualitas dan produktifitas tinggi. Inovasi kebijakan radikal ini dapat dilakukan karena tuntutan era milenial yang berada pada zaman Industri yang kita sebut For Poin Zero (4.0) dan sedang Memasuki era digitalisasi.

Dan kita berkesimpulan dari gaya -gaya kepemimpinan yang ditampilkan oleh pemimpin- pemimpin presiden sebelumnya seperti, gaya klasik , otoriter, demokrasi, humanis, tranaksional, transformasional dan gaya kepemimpinan global. Kita dapat mengatakan Gaya kepemimpinan yang ditampilkan oleh Ir. Jokowido dan Prof. Dr. KH. Ma, ruf Amin adalah Gaya kepemimpinan global karena mereka berdua mampu menformulasikan dari gaya – gaya kepemimpinan yang ada juga sangat pandai menampilkan gaya kepemimpinan ini sesuai dengan situasi dan kebutuhan saat ini yakni di era Milenial dengan sebutan Era For Poin Zero.

Tentu inovasi kebijakan radikal ini telah melalui suatu fase  kebijakan seperti, telah diagendakan, memiliki tim melakukan identifikasi masah – masalah baik di pusat maupun daerah provinsi ,kota dan kabupaten Seluruh Indonesia, ada tim Formulasi yg dibentuk yang mewakili dari sejumlah disiplin ilmu dan keahlian, ada desain strategi, implementasi, pengawasan dan ada standarisasi dan di evaluasi secara berkala.

Untuk itu mengajak kepada semua elemen warga bangsa Indonesia yang kita cintai dari sabang sampai ke Mauroke dari pulau Nias sampai ke pulau Rote, Mari kita sehati sesuara mendukung Inivasi Kebijakan oleh Ir. Jokowidodo dan Prof.Dr. KH. Ma, ruf Amin Visi Indonèsia Maju.

Sumber: Dr.Frans Sales,SPD.MM

Editor  : Merry Lewar

Komentar

News Feed