oleh

Seminar Lokal dan Workshop Penyusunan Human Capital Development Plan ( HCDP) Pusbindiklatren Bappenas dan Pemerintah Prov.NTT.

-wartaNews-216 views

KUPANG. WartaPedia – Seminar lokal dan Workshop Penyusunan Human Capital Development Plan (HCDP) dari Pusat Bimbingan Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan ( Pusbindiklaten) Kementerian Bappenas, dibuka oleh Kepala Bappedalitbangda Provinsi NTT Ir. Lucy Koli .M.Si, melalui kepala bidang pengebangan SDM dan Pemerintahan Jhoni Ataupah, M.Si. Senin 18/11/ 2019 bertempat di Hotel On The Rock Jalan Timor Raya Kupang NTT.

Sambutan yang disampaikan oleh Kepala Bappedalitbangda Ir.Lucy Koli melalui Kabid. Pengembangan SDM dan Pemerintahan Jhoni Ataupah menyampaikan bahwa Pemerintah Prov.NTT menyampaikan terima kasih kepada Pusbindiklatren Kementerian Bappenas yang melakukan kegiatan seminar lokal dan workshop penyusunan Human Capital Development Plan ( HCDP) di Kupang Provinsi NTT.

Pada sambutannya mengatakan bahwa sangat mengapresiasi kegiatan ini, dangan harapan diakir kegiatan seminar lokal dan workshop HCDP nantinya, harus ada sejumlah item Rekomendasi yang dihasilkan untuk serahkan ke Bappedalitbangda NTT untuk menjadi bahan diajukan dan di eksekusi dalam program kegiatan perangkat daerah di tahun 2021. Sehingga dengan program kegiatan ini dapat membantu menurunkan peringkat angka kemiskinan berada pada peringkat tigà terbelakang secara Nasional dari 34 Provinsi Se- Indonesia yaitu setelah Provinsi Papua , Maluku , lalu NTT. Sedangkan kasus Stunting NTT berada pada peringkat pertama di Indonesia. Untuk itu dalam pendekatan menangani permasalahan tersebut tidak bisa secara sektoral , melainkan lintas sektor dengan pola kolaborasi.

Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah menindaklanjuti kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM ASN Kawasan Timur Indonesia dengan beberapa Kementerian seperti Bappenas, LAN, PAN RB, Kementerian Dalam Negeri yang diutus mengikuti pelatihan di Jepang dari tanggal 24/8 – 7/9/2019 di Tokyo bekerjasama dengan Jepang Internasional Coorporate Center (JICE), terkait Peningkatan SDM ASN Kawasan Timur Indonesia.

Juga melakukan pendampingan Penyusunan HCDP Provinsi maupun di setiap unit OPD. Dengan tujuan agar setiap Provinsi, Kota/ Kabupaten atau OPD dapat menyusun Dokumen rencana strategis pengembangan Sumber Daya Manusia ASN sebagai panduan dalam pengembangan kompetensi SDM ASN secara sustainable Sistimatic agar pembangunan dan pengembangan dapat berjalan baik berkualitas dan produktifitas tinggi karena ditopang oleh SDM memiliki kompetensi pengetahuan, Keterampilan dan perilaku kerja yang beretika.

Yang hadir pada acara pembukaan seminar lokal dan workshop Penyusunan HCDP adalah Tim dari Pusbindiklatren Bappenas seperti. Kabid pengembangan SDM Ali Muharam, M.Si, Agung, M.Si Konsultan HCDP Dr. Dida Heryadi Widyaiswara Utama Ibu Teres Mulyani, M.Si Widyaiswara zunarko, Budi staf Pusbindiklatren sebagai tenaga tenaga teknis ppoperasional kegiatan, LAN Ibu Meta M.Si , TIM HCDP NTT, Maria S. Kiak, M.Si, Bonavantura Taco, S.Pd, M.Si, Dr. Frans Sales, S.Pd, MM, para peserta pejabat esalon IV utusan dari semua OPD di lingkup Provinsi NTT.

Kegiatàn ini berlangsung dari tanggal 18-19 November 2019. Untuk itu kami mengharapkan doa dan dukungan dari pemerintah Provinsi NTT dan Semuan elemen masyarakat agar kegiatan Seminar Lokal dan workshop penyusunan HCDP dapat berlangsung dengan tetib dan lancar. Salam NTT, Bangkit, NTT Sejatera, Indonesia…Maju.

By. Dr. Frans Sales.S.Pd, MM.

Komentar

News Feed