oleh

Wakil Walikota Kupang: Zaman Digital Pelayanan Publik Harus Instan

-wartaNews-257 views

Kupang, Wartapedia. id – Di zaman digital ini, salah satu cirinya adalah instan, termasuk pelayanan publik juga harus instan, dan penunjang kerja dalam sistem yang berbasis teknologi adalah jaringan. Hal ini disampaikan Wakil Walikota Kupang, dr. Hermanus Man, dalam sambutan pembukaan acara Bimbingan Teknis Aplikasi Pemerintah dan Evaluasi PPID di Aula Hotel Romyta, Rabu, 04/12/2019.

Menurutnya, sistem pemerintahan berbasis elektronik dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pelayanan publik akan efektif dan transparan, jika diterapkan dengan pengetahuan, keterampilan  dan mental yang baik.

Selain itu, basis pelayanan elektronik akan diterapkan mulai dari kelurahan, sehingga masyarakat dengan mudah mendapatkan pelayanan publik yang cepat. Misalnya proses administrasi dibayar sesuai peraturan daerah, maka diposting bukti setoran, terangnya.

Herman menambahkan, di bulan Januari 2020 mendatang akan diterapkan sistem pelayanan berbasis elektronik di enam kecamatan, dan limah puluh satu kelurahan di Kota Kupang.

Sementara itu, Ketua panitia, Andre Ota, dalam laporannya mengatakan; Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan aplikasi pemerintahan di tingkat kelurahan, sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat lebih cepat dan lebih baik. Meninggkatkan pengelolaan informasi dan dokumentasi kementerian dalam negeri dan pemerintah daerah, serta menyampaikan proses integrasi pelayanan di tingkat kelurahan dengan berbagai perangkat daerah.

Pantauan media ini, peserta kegiatan terdiri dari perwakilan Organisasi Perangkat Daerah Kota Kupang, Camat se-kota Kupang, dan Lurah se-kota Kupang.

Reporter: Epek  Bata

Komentar

News Feed