oleh

RS. Siloam Kupang Hadirkan ESWL Bagi Penderita Gagal Ginjal

-wartaNews-482 views

Kupang, Wartapedia – RS Siloam Kupang sudah memiliki Nusa Tenggara Neurologi Center yang memperkenalkan metode ESWL sebagai langkah alternatif menangani pasien batu ginjal yang takut operasi. Sejak 2016 hingga 2019 ini RS Siloam Kupang memiliki 2 dokter spesialis neurologi yang mampu menangani 2 juta pasien batu ginjal dari seluruh NTT.

Hal ini disampaikan oleh CEO RS. Silaom Kupang, dr. Hans, saat kegiatan Media Gathering dengan tema “Penanganan Batu Ginjal Tanpa Pembedahan menggunakan alat Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy [ESWL]” di Aula lantai IV RS. Siloam Fatululi, Kecamatan Oebobo – Kota Kupang pada Rabu, 4/12/2019

Tema ini penting bagi RS. Siloam, lanjut dr.Hans, karena batu ginjal menjadi masalah untuk para pasien. Terutama yang membutuhkan treatment memecahkan batu ginjal/mengeluarkan batu ginjal tetapi takut dioperasi. Apalagi pasien dengan komplikasi penyakit selain batu ginjal dan yang beresiko tinggi untuk operasi sehingga membutuhkan alternatif lain.

Dikatakan, “Ini ferarinya ESWL, karena mereknya sudah terdepan di dunia, Richard Wolf tipe 3000, hanya satu tingkat dari yang paling tinggi yaitu 3000 plus. Yang datang di kita adalah ESWL 3000 yang memang bahkan rumah sakit termahal di Jakarta menggunakannya.” Tandas Hans.

RS Siloam Kupang saat ini sangat terbantu melalui kehadiran 2 figur tersebut. Terlebih karena untuk mengoperasikan alat tersebut memang butuh orang yang harus menunjukan bagaimana cara gunakan alat itu. Oleh karena dr Erick bukan superman maka kita harus menjadi jadi satu super tim.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, dr.Retnowati dalam arahannya mengatakan, Saya cukup berbangga dengan hadirnya ESWL di Rs. Siloam semoga rumah sakit Kota Kupang juga bisa mendapatkan supaya pelayanannya bisa berimbang.

” Kita tidak heran kalau rumah sakit Siloam Kupang cukup menggembirakan kerena cukup gampamg dan berpengalaman dalam proses penyembuhan penyakit ginjal dan ini merupakan apresiasi dari saya sebab ginjal adalah organ yg sangat penting dan ini merupakan kemajuan bagi kota kupang melalui Rs. Siloam dan terima kasih sudah membentu masyarakat Kota Kupang dalam bidang kesehatan”, Tuturnya.

Anggota DPRD Provinsi NTT Komisi 5,  Kristien Samiyati Pati, S.P hadir saat itu mengatakan, Dokter Erik adalah solusi dari Tuhan untuk menjawab penyakit yang dialami oleh masyarakat NTT dan saya sebagai anggota DPR mengapresiasi rumah sakit Siloam yang telah memberikan solusi bahwa kita di NTT masih banyak mengkonsumsi air dibawah tanah yang memang menurut hasil penelitian kadar kapurnya sangat tinggi tetapi dengan kemajuan teknologi dan informasi masyarakat lebih memahami dan mengetahuinya.

Kristien menambahkan, Ini adalah langkah awal yang baik dgn hadirnya ESWL dan pak Dokter lebih tau masyarakat ketakukan dengan proses operasi sehingga harapan saya semoga dengan hadirnya ESWL agar bisa mendorong sehingga jangan hanya di Siloam tetapi semua karena data yang kita lihat tadi prnyakit ini tidak mengenal umur,” Pungkasnya
(ML)

Komentar

News Feed