oleh

Menuju Satu Data Indonesia BPS NTT Gelar Sosialisasi dan Workshop

-wartaNews-132 views

Kupang, Wartapedia.id – Lahirnya Perpres nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia merupakan babak baru dalam tata kelola data dan informasi statistik sektoral di Indonesia. Karena itu, BPS Provinsi kemudian menggelar Sosialisasi & Workshop wartawan menuju Satu Data Indonesia di Kolbano Room, Sotis Hotel, Kamis (5/12/2019)

Dalam paparan sosialisasi SP 2020, Kepala BPS Provinsi NTT, Darwis Sitorus, S.Si. M.Si menekankan soal pentingnya mengedepankan keseragaman pemahaman antar Instansi pemerintah juga wartawan tentang Tata kelola data statistik sektoral menuju Indonesia satu data.

“Babak baru ini akan dilakukan  dengan Combine Methode online pada tanggal 5 Pebruari sampai 15 Maret tahun 2020 sedangkan pola manualnya akan dilakukan pada Juli 2020,” terang Sitorus

Target besarnya katanya, OPD dan Instansi Pemerintah tidak kemudian disibukkan dengan urusan pengelolaan data sektoral secara sendiri-sendiri.

“Kami BPS Provinsi NTT selalu siap mendukung terwujudnya pengelolaan data sektoral yang tertata dengan baik. Oleh karena itu, dalam forum ini saya mengajak hadirin semua, mari kita aktifkan kembali pertemuan forum data baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Kita jadikan forum ini sebagai pertemuan untuk membahas berbagai hal mengenai perbaikan demi menjawab Indonesia satu data,” jelas Sitorus.

Petugas Sensus Penduduk manual pada Juli 2020 akan di tentukan oleh pencapaian sensus online.
“Sensus online dapat berjalan lancar hanya dengan mendapatkan kesadaran penduduk membuka aplikasi. Sementara data langsung (offline) oleh petugas di wilayah yang akses internetnya belum terjangkau dan wilayah yang warganya belum memiliki KTP,” ucap Sitorus

Kepala BPS provinsi NTT yang baru mendapat kepercayaan tersebut kemudian menjelaskan secara gamblang tentang Data Strategis sementara pembicara lainnya yakni :
Kabid statistik sosial: Ir. Desmon Sinurat – yang khusus berbicara tentang Sensus Penduduk 2020. Lainnya, Kepala seksi niaga dan jasa: Abdul Azis, SST – berbicara tentang Memahami Inflasi dan kajian pariwisata. Di sesi terakhir
Kepala seksi Diseminasi dan layanan statistik: Indra Souri, SST, M.Si – fokus berbicara mengenai Statistik Dasar 101 (ML)

Komentar

News Feed