oleh

Kapolda NTT Dimohon Tunjuk Iptu Buang Jadi Penyidik Kematian Ansel Wora Pe

Pertemuan perwakilan masa dengan Kapolres Ende, Senin (16/12). Ft. Dedi/KR.ID

Ende, Wartapedia.id – Aliansi Masyarakat Peduli Kemanusiaan (AMPK),  terdiri dari PMKRI, GMNI dan keluarga Almarhum Ansel Wora, memohon Kapolda NTT (Nusa Tenggara Timur) melakukan pergantian penyidik, seperti figur penyidik Iptu Buang Sine.

Adapun alasan AMPK meminta Kapolda melakukan pergantian penyidik, sosok Iptu Buang Sine sebagai penyidik karena beliau  dianggap mampu mengungkap sejumlah kasus misterius kematian di NTT, salah satunya kematian Romo Faustin di Kabupaten Ngada.

Permintaan elemen masyarakat itu, tertuang dalam peryataan sikap yang dibacakan Intan Dange, seorang perwakilan AMPK saat beraudiens dengan Kapolres Ende, Senin 16/12/2019

Disampaikan perwakilan AMPK tersebut (Intan Dange), sejak di tangani oleh penyidik Polres Ende tanggal 1 November dan dibantu oleh penyidik dari Polda NTT di bawah pimpinan Wadir Reskrim Umum AKBP Anton C Nugroho hingga saat ini tidak ada hasil dan perkembangan signifikan  penanganan dugaan pembunuhan terhadap Almarhum Ansel Wora yang kematiannya dianggap janggal, saat korban di Pulau Ende memperbaiki Mobil DAK yang rusak.

Oleh karena itu AMPK berpendapat, dan meminta agar Kapolda NTT segera mengambil tindakan dengan mengganti para penyidik serta menunjuk Iptu Buang Sine selalu penyidik.

“Kami menyampaikan mosi tidak percaya terhadap penyidik Polres Ende, karena dalam SP2HP tertanggal 25 November menyatakan bahwa kasus dugaan pembunuhan Ansel Wora telah ditingkatkan dari Penyelidikan ke Penyidikan namun sampai saat ini tidak ada penetapan tersangka,” kata Intan Dange.

Sementara Ketua PMKRI Cabang Ende Firminus Rigo mengatakan dalam penanganan kasus kematian Ansel Wora, semestinya penyidik lebih mengedepankan nurani kemanusiaan.

Pemeriksaan terhadap ke dua saksi, rekan korban inisial HS dan IS yang mengajak almarhum Ansel Wora ke pulau Ende juga saksi inisal AI pelaksana Proyek Dermaga mini di Pulau Ende harus lebih intensif dan mestinya segera menetapkan tersangka dan ada penahanan jika sudah ada petunjuk yang mengarah adanya tindak pidana. kata Figo

Aksi Damai AMPK murni meminta kepada penyidik untuk segera membuka tabir kematian Ansel Wora secara terang benderang sampai dengan menetapkan tersangka tanpa ada embel-embel lain seperti yang diisukan.

Sumber: Kabarrakyat.id (Dedy)

Komentar

News Feed